Wednesday, March 4, 2015

Pengenalan Singkat Pratima Rakta Jambhala (Ganesha)



Pengenalan Singkat Pratima Rakta Jambhala

 【真佛法相寶典】紅財神
 

Tubuh Rakta Jambhala ( Hong Caishen ) Berwarna merah, berkepala gajah dan berlengan empat, tangan kanan pertama membawa lobak, tangan ke dua memegang parasu penakluk mara ( kapak ) , tangan kiri pertama membawa daun lobak dan tangan ke dua membawa japamala. Rakta Jambhala berdiri di atas Nakula berwarna biru ( Tikus Yang Memuntahkan Mustika ), sedangkan nakula ada di atas padmasana berkelopak delapan. ( Wujud Rakta Jambhala ada yang berlengan dua, berlengan empat, berlengan enam maupun berlengan delapan )





【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng Mengenai Asal Usul dan Kiat Sadhana Rakta Jambhala 】
【蓮生活佛 盧勝彥法王寶貴法語開示--紅財神的來歷及修法口訣】


Rakta Jambhala ( Hong Caishen / Jambhala Merah ) atau Ganesha, merupakan Dewa Rejeki dari Agama Hindu, sangat ternama di India dan Tibet ; Saat Tantrayana makin berkembang, Ganesha memasuki jajaran Lima Jambhala Agung Tantrayana , disebut sebagai Penguasa Sumber Daya Tantra Tibet, mempunyai Dharmabala nan agung, mampu menganugerahi ratna manikam serta harta kekayaan, merupakan Raja Penganugerah Berkah. ( Lima Jambhala Agung dalam Tantrayana adalah : Jambhala Kuning, Jambhala Merah, Jambhala Putih, Jambhala Hijau dan Jambhala Hitam )
Dalam menekuni Sadhana Rakta Jambhala, yang terutama adalah pujana, harus membuat Rakta Jambhala bersukacita, usai sadhaka bervisualisasi menjadi Yidam Sadhana, membuka ulu hati sendiri, kemudian menghaturkan pujana kepada Rakta Jambhala dengan memanifestasikan Caturpuja Devi : Vajranrtya, Vajragita, Vajramala dan Vajralasye, supaya Rakta Jambhala bersukacita ; Kemudian sambil menjapa Mantra Hati Rakta Jambhala ( Om Ganabadiye Suoha ) , sambil mengelus belalai Rakta Jambhala, tiga kali ; Bervisualisasi segala permohonan kita keluar melalui belalai Rakta Jambhala, asalkan dengan tulus berpujana, membuat Rakta Jambhala bersukacita, maka baik itu ketenaran maupun kemakmuran, segala yang dimohonkan pasti dikabulkan.

「紅財神」「甘尼許」(Ganesh)本是印度婆羅門教的財神,在印度和西藏,都很有名望;密宗興盛時,列入密宗的「五姓財神」之一,被稱為「藏密資糧主」,有大法力,可以施財寶,是賜福之王。(密教五財神是:黃財神、紅財神、綠財神、白財神、黑財神。)
修「紅財神法」最重要的是供養,要讓「紅財神」歡喜,行者先觀想自己變成修法本尊後,開啟自身的心際,以「金剛舞」、「金剛歌」、「金剛華幔」、「金剛嬉 戲」四供養天女供養「紅財神」,使「紅財神」歡喜;然後,再一邊持『紅財神心咒』(嗡。嘎那巴底耶。梭哈。)一邊摸著「紅財神」的鼻子,共三遍;觀想自己 所祈求的事物從紅財神的鼻子出來,只要誠心的供養,使「紅財神」歡喜,不論是名位或財富,所求必能如願。



Rakta Jambhala mempunyai Dharmabhala sangat agung, menekuni Sadhana Rakta Jambhala, bervisualisasi vajra di atas ubun-ubun Nya, kemudian berdoa memohon kepada Nya, mengelus belalai Nya, DharmabhalaNya terutama ada pada belalai, belalainya mampu menghasilkan segala harta kekayaan, mampu memuntahkan segala emas - perak - harta kekayaan - mustika dan sumber daya. Belalai Nya juga dapat menyemprotkan amrta yang dapat menyucikan karma penyakit para insan, sehingga tubuh dan batin menjadi murni, demikian pula dengan para arwah setelah disucikan dengan amrta ini, dapat terlahir di Negeri Buddha.

「紅財神」有很大的法力,修持「紅財神法」,觀想金剛杵在祂的頂上,然後跟祂祈願,摸祂的鼻子,祂的法力最重要在鼻子,祂的鼻子能生出一切的財寶,能吐出一切的金銀財寶和資糧。祂的象鼻可吐出甘露水,能清淨眾生的病業,身心都清淨了,幽冥眾生因為這甘露水的清淨,就能往生到佛國淨土。

Mudra Rakta Jambhala adalah merangkap ke dalam, kedua jari kelingking saling bersanding membentuk belalai, menjulur, mengait orang yang diharapkan, dengan demikian akan memperoleh keberhasilan vasikarana. Oleh karena itu dapat digunakan untuk mengait bos, wanita cantik, direktur, mengait semua orang yang hendak diharmoniskan dengan Anda, visualisasikan dia , maka setiap saat dia akan teringat Anda, ini sangat penting ! Jika pebisnis melakukannya, maka order akan segera berdatangan !

「紅財神」的手印是內縛,兩尾指相靠,用兩尾指做鼻子,伸出去,敬愛哪個人,就去捲鈎哪個人,敬愛就成。所以可以去鈎老闆、美女、董事長、鈎你要敬愛的人,觀想他、她時時刻刻都會想你,這很重要!做生意的人這樣做,訂單馬上就來。

Rakta Jambhala gemar menghitung daun lobak, ternyata menghitung daun lobak berarti menghitung harta kekayaan umat manusia. Seperti misalnya seseorang seumur hidupnya dapat memperoleh berapa banyak harta kekayaan, dapat memperoleh berapa banyak sandang, berapa banyak pangan, berapa banyak rumah dan tanah, berapa banyak barang berharga, semua itu dapat dituturkan dengan jelas oleh Rakta Jambhala, bagaikan menghitung kekayaan keluarga, sangat cermat tiada kekeliruan. Dharmaraja Liansheng pernah mengajarkan : "Untuk menekuni Sadhana Jambhala, paling mendasar harus membangkitkan Bodhicitta murni, juga harus tekun menjalin afinitas kebajikan dengan banyak orang, berdana, memberikan manfaat pada para insan luas, dengan demikian kemakmuran akan terus bertambah, segala aktivitas dan keharmonisan akan berhasil, tiada rintangan, serba berkecukupan."

「紅財神」喜歡數蘿蔔葉,原來數蘿蔔葉竟然是算計世人的財富。例如每一個人一生可得多少財富,可得多少衣物,可吃多少東西,有多少房地,珍奇珠寶有多少,象頭財神均能一一說出其中的內容,如數家珍、鉅細無遺。蓮生法王 盧勝彥曾經教示:修「財神法」首重必發清淨菩提心,亦要廣結善緣,勤於佈施,廣利眾生,富饒廣增,一切懷愛事業,亦能成就,無所阻礙,一切受用。


【 Dharmadesana Dharmaraja Liansheng , Asal Muasal Rakta Jambhala Memperoleh Kepala Gajah 】
【蓮生法王 盧勝彥開示--紅財神「象頭人身」的由來】

Dalam Agama Hindu ada tiga Mahadeva Utama - Mahesvara Deva atau Shiva adalah Devata Pelebur ; Mahabrahma Deva atau Lord Brahma adalah Pencipta ; Sedangkan Lord Vishnu adalah Pelindung. Putra dari Shiva dan Parvati ( Ratu Devata ) adalah Ganapati. Ia dilahirkan sangat gagah perkasa. Pada suatu hari Shiva datang dari jauh, kebetulan Parvati sedang mandi, dan Ganapati menjaga di depan pintu. Saat Shiva kembali dan menyaksikan ada seorang pria gagah menjaga di depan pintu ruang mandi Parvati, maka Shiva melemparkan khadganya, menebas kepala Ganapati. Usai mandi, Parvati keluar dan menyaksikan putranya sudah tidak berkepala, telah dipenggal oleh ayahnya sendiri. Beliau mengatakan kepada Shiva : "Yang Kau penggal adalah putra Mu sendiri !" Shiva sangat bersedih, sehingga pergi memohon petunjuk Deva Vishnu. Deva Vishnu memberitahu Shiva , di sebuah jalan pada suatu pagi hari,penggallah kepala makhluk yang pertama dilihat, dan sambungkan pada leher putra Anda, maka Ia akan hidup kembali. Shiva melakukan sesuai petunjuk Vishnu. Pada pagi hari itu, Ia berjalan di jalan tersebut, melihat seekor gajah, maka Ia memenggal kepalanya dan disambungkan pada tubuh putranya. Oleh karena itu putra Shiva ini, menjadi bertubuh manusia dan berkepala gajah. Ganapati merupakan pimpinan semua kerabat dan pengikut Mahesvara Deva, dapat dibilang Devata Agung ke empat dalam Agama Hindu adalah Ganapati.

印度教有三大神--希瓦(Shiva)大自在天(Lord Shiva),就是破壞神;大梵天(Lord Bhrama),就是創造神;遍淨天(Lord Vishnu),就是守護神。希瓦Shiva(大自在天)跟帕爾瓦蒂(天后)所生的兒子,就是「嘎那巴底耶」。當時,祂被生下時就是一個非常雄壯威武的樣子。有一天「希瓦」Shiva 從外地回來,「帕爾瓦蒂」剛好在浴室洗澡,「嘎那巴底」就站在門口守衛。結果「希瓦」Shiva回來了一看到那麼高大雄壯的男士站在「帕爾瓦蒂」的浴室門 口守衛,認為「帕爾瓦蒂」有問題。「希瓦」Shiva就一把飛劍過去,把「嘎那巴底」的頭砍了下來。「帕爾瓦蒂」洗完澡出來一看,自己兒子已經沒有頭了,而且是被祂老爸砍頭。她就跟「希瓦」Shiva講:「你砍的是你的兒子啊!」「希瓦」Shiva非常 悲傷。就去求保護神「維濕奴」。「維濕奴」就告訴「希瓦」Shiva:「在某一天早上的一條路,所看到的第一個頭,將他砍下來,接您兒子的頭,祂就可以復 活。」「希瓦」Shiva照著「維濕奴」的意思去做。到那一天清晨,祂往那一條路走,看到一頭大象,就把那個象頭砍下來,接在兒子的頭上。所以,「希瓦」 Shiva的兒子,就變成象頭人身。「嘎那巴底耶」祂統率整個「大自在天」所有的眷屬,可以說印度第四大神就是「嘎那巴底耶」。


【 Asal Muasal Maharyanandikesvara Deva 】
【蓮生法王 盧勝彥開示--大勝自在歡喜天的由來】


Asal usul yab-yum Maharayanandikesvara Deva adalah : Dikarenakan Beliau adalah Mara Putradeva kerabat Samhara Devata, merupakan putra tertua dari Mahesvara, menguasai semua kerabat dan pengikut Mahesvara, mempunyai sifat perusak yang sangat kuat, merintangi para insan, telah mencelakai para insan tak terhingga banyaknya, merintangi bhavana, merintangi kebajikan manusia, menghancurkan nyawa manusia, merupakan Devata Penghancur yang sangat kuat, pada dasarnya sangat bengis. Avalokitesvara Bodhisattva bermaitrikaruna pada para insan, saat Beliau melihat Ganapati mencelakai para insan, Avalokitesvara berwelas asih mengorbankan diri sendiri. Avalokitesvara Bodhisattva memasuki tubuh Ganapati, berubah menjadi Ganapati wanita, dan mengatakan kepada Ganapati pria : "Anda harus bersarana pada Buddha, menekuni Buddha Dharma, melindungi para insan, maka Aku akan bersedia Anda nikahi." Begitu Ganapati pria melihat Nya, sungguh merupakan godaan yang sangat berat, sungguh tidak mampu menghentikan diri, mengatakan : "Baik ! Aku akan mengubah kebiasaan Ku, dari mencelakai insan menjadi melindungi para insan." Sejak saat itu, Mereka menjadi Maharyanandikesvara Deva , melindungi para insan dan menganugerahi berkah pada para insan.

「大勝自在歡喜天」的雙身由來--就是因為這一尊是破壞神所有眷屬當中的「天子魔」,是「大自在天」最大的兒子,祂掌握整個大自在天所有的眷屬,破壞性很強,去障礙所有的眾生,害眾生無數,阻礙人的修行,阻礙人的善心,破壞人的生命,是很厲害的一尊兇神,本來是很兇惡的。「觀世音菩薩」慈悲眾生,祂一看到「嘎那巴底」在害所有眾生的時候,就發了慈悲心,犧牲自己。觀音菩薩進入「嘎那巴底」的身中,變化成女的「嘎那巴底」,然後就跟男的「嘎那巴底」講:「你要歸順佛,學習佛法,保護眾生,我就跟你結婚。」男的「嘎那巴底」一看,實在是非常大的一種誘惑,實在無法抗拒,就說:「好啦!以後我就改變我的習性,把殘害眾生變成愛護眾生。」從此以後,祂們成為「大勝自在歡喜天」護持佛法,賜福給眾生。
………………………………………………………………………………………
◎ Perhatian : Jika bertekad menekuni Sadhana Tantra Zhenfo, harus terlebih dahulu bersarna kepada Dharmaraja Liansheng , kemudian memperoleh abhiseka penekunan sadhana, dengan demikian menjadi sebuah penekunan sadhana yang sesuai Dharma.

◎ Bila ingin bersarana, dapat menuju ke situs :
( English ) :
https://www.tbsseattle.org/english/content/view/16/33/lang,en/
( Mandarin ) :
http://tbsn.org/chinese2/tbshow.php
◎ 敬請注意:如欲修持〈真佛密法〉,應先皈依蓮生活佛 盧勝彥法王,得到灌頂,才是如法修持。

◎ 若欲「皈依」者,請按此進入 Web:
http://tbsn.org/chinese2/tbshow.php
Diterjemahkan Oleh Lianhua Shian
有蓮花施安翻譯.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

歡迎聯結【真佛天空新聞台】看更多新聞
http://www.tbnsky.info/home/

* Untuk membaca lebih banyak berita marilah bergabung di TBSky :
Versi Mandarin: 【真佛天空新聞台總網站】
http://www.tbnsky.info/home/

No comments:

Post a Comment